Hello

Salam pembuka – Mukadimah.

Disclaimer!: Informasi yang ditulis sepenuhnya merupakan opini penulis. Jadi bagi yang merasa keberatan silahkan ajukan dikolom komentar atau buat tulisan tandingan.

Teh atau Kopi. Dua pertanyaan yang sering saya denger kalo main kerumah temen atau mantan pacar. Entah kenapa dua minuman itu populer banget sebagai suguhan buat tamu kaya saya. Kenapa ga coba sirup marjan? Atau es kelapa ?. Tapi saya sendiri lebih suka disuguhin air plus ice cube akhir – akhir ini.

Kembali ke pertanyaan awal.

Saya sendiri suka kepo gimana sih awal mulanya ditemukan teh atau kopi? Terus siapa sih pelopor pertama kali yang nawarin dua minuman itu tadi buat suguhan ke orang lain atau tamu?

Pertama saya mencoba mulai riset kecil – kecilan tentang sejarah kopi dan teh buat memperkuat argument, Wikipedia jadi rujukan saat riset. Artikel tentang kopi jadi bacaan saya yang pertama dari situ saya berkesimpulan bahwa kopi berasal dari bangsa Arab kemudian baru benar – benar populer seiring penyebaran dakwah dan pedagang Arab ke wilayah Afrika tepatnya di Ethiopia. Sedangkan teh udah biasa jadi tanaman herbal diwilayah negeri tiongkok pada jaman dinasty …. Lalu menyebar ke wilayah Jepang dan Korea.

Dua kesimpulan sejarah diatas saya kerucutin dimana perdagangan udah mulai maju lintas benua kapal – kapal antar bangsa mulai menyebar, ekspedisi antar bangsa dan kerajaan jadi sudah gak asing dengan dua minuman tadi. Teh dan kopi sudah menjadi lifestyle, mulai dari kalangan bawah sampai kalangan bangsawan. Maka gak heran kenapa teh dan atau kopi selalu jadi minuman wajib diacara tertentu.

Kayanya pembahasannya mulai ngawur haha. Tapi dari beberapa riset dangkal yang saya teliti, kayanya cocok sih. Balik lagi ke pembaca. Saya sebagai penulis menerima segala bentuk kritikan dan sanggahan.

Inti dari situs tehataukopi.com adalah sebagai media yang saya buat untuk mengeluarkan opini dan segala informasi yang saya dapetin dan sewaktu – waktu bisa dibaca dikemudian hari.

Seluruh tulisan saya bisa dibaca dibawah ini

 

Wicaksono, Satriyo Unggul

Indonesian Blogger, Designer,Web developer, Entrepreneur, Weather forecaster. Cita - cita: Bahagia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *