FOMO and JOMO – Apa Itu?

Beberapa saat lalu saya baru saja membaca mengenai istilah FOMO (Fear of Missing Out) dan juga JOMO (Joy of Missing Out). Kedua fenomena tadi merupakan sebuah kondisi dimana kita menanggapi suatu sebab masalah. Seperti misalnya FOMO, dimana kita memiliki perasaan yang berlebihan dan khawatir ketika tidak mendapatkan sebuah informasi atau takut kehilangan sehingga terus – terusan ngecek media sosial. Perasaan seperti ini sebenarnya candu dari kebiasaan kita menggunakan internet, tiap saat tiap detik ngecek sosmed apalagi sampai kepo dan stalking doi yang semakin menjauh. 

Saya sendiri sebelum mengenal istilah ini hampir menjadi pengidap FOMO, kekawatiran terbesar ketika tidak tau update terbaru tentang informasi dan aktivitas temen – temen atau seseorang. Hal ini menjadi cambukan dan tamparan bagi saya ketika berusaha menggali informasi tentang fomo. Apabila kita audit waktu kita sebenernya waktu yang digunakan kebanyakan digunakan untuk melakukan aktifitas di sosial media yang kadang tidak berfaedah, banyak sekali waktu kita terbuang sia – sia. Saya sendiri awal bulan ini sebenarnya punya target untuk merampungkan sebuah materi tentang programming dan target tersebut harus sudah bisa diaplikasikan bulan depannya. 

Saya sependapat dengan mas Agung Setiawan kalau kita sendiri gak main sosmed bukan berarti kita kudet dengan informasi. Dengan semakin brutalnya sosial media apalagi dengan kondisi politik yang lagi memanas antar kubu malah semakin jengah dan muak, norma – norma sosial yang kita punya seakan sirna gitu aja di sosial media. Beberapa bulan lalu saya malah hampir puasa dengan semua sosmed yang saya punya, walapun hanya bertahan seminggu lalu lanjut lagi dan minggu berikutnya puasa lagi. Ada perasaan ketika kita disibukan dengan sesuatu hal yang lebih penting semisal meningkatkan skill atau menghabiskan beberapa ebook malah membuat saya merasa lebih bahagia karena ada tujuan yang bisa dicapai. 

Hidup damai tenang dan slow kaya tadi dengan puasa sosmed dinamakan dengan JOMO, perasaan bahagia, tenang, dan gak disibukan dengan kegaduhan. Saya saat sedang memotivasi untuk gak terus – terusan buka sosial media. Kalaupun saya terfokus dengan HP maka berarti saya sedang asik dengan beberapa ebook yang sudah saya siapkan untuk dihabiskan beberapa hari kedepan.

Bagi yang terjangkit FOMO mari saatnya menikmati hari yang lebih produktif dan menyenangkan !

 

Wicaksono, Satriyo Unggul

Indonesian Blogger, Designer,Web developer, Entrepreneur, Weather forecaster. Cita - cita: Bahagia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *