Cara Menginstall WordPress Pada VPS

Pada artikel sebelumnya kita sudah mengkonfigurasi vps dengan menginstall apache, mysql, dan phpmyadmin, serta kita sudah menambahkan modul ssl gratis dari let’s encrypt pada server. Maka langkah selanjutnya adalah menginstall wordpress untuk website kita. Apa itu wordpress?

WordPress sendiri merupakan salah satu cms atau content management system yang bersifat opensource dan bisa diperoleh dengan gratis selama kita menggunakan server dan domain pribadi. WordPress juga menyediakan layanan berbayar dengan servisnya semua di handle dengan wordpress, namun kita tidak akan menggunakan layanan berbayar, hanya mengunduh script yang sudah dipersiapkan secara cuma – cuma dan di install pada server pribadi kita.

Kenapa harus wordpress?

Pertanyaan ini akan muncul dibenak kalian apabila kita pertama kali berkenalan dengan dunia website. WordPress merupakan salah satu cms yang paling banyak digunakan di Indonesia khususnya maka dengan banyaknya dukungan komunitas maka kita tidak akan kesulitan dalam menyelesaikan masalah kedepan. Kemudian wordpress merupakan salah satu cms yang powerful dibandingkan cms yang sejenis, dengan mampu disesuaikan dengan kebutuhan kita, untuk sekarang ini wordpress bukan hanya ditujukan untuk layanan blog saja tapi lebih dari itu bisa digunakan untuk kebutuhan ecommerce, forum, maupun landing page dengan dukungan plugin / modul dan juga theme / tema yang pas.

Saya sendiri menggunakan wordpress sudah hampir 10 tahun. Banyak benefit yang saya dapatkan dari kemudahan cara instalasi maupun manajemen konten.

Apabila kalian masih pemula saya sarankan untuk mengikuti semua bari perintah step by step. Silahkan sambungkan client ssh kalian ke server. kemudian persiapkan script wordpress dan juga domain serta database. tenang, semuanya akan dikerjakan via ssh dan browser, kita tidak perlu mengunduh script wordpress kedalam lokal pc kita.

Pertama kita akan mempersiapkan script cms wordpress pada server kita dengan mengikuti perintah:

cd /var/www/

Perlu diingat ketika kita pertama kali mengkonfigurasi virtualhost akan ada DocumentRoot dimana merupakan tempat script kita diletakkan, saya akan memberikan contoh salah satu virtualhost domain yang akan saya jadikan sebagai studi kasus, silahkan dipahami.

<VirtualHost *:80>
     ServerAdmin webmaster@kelaspagi.co
     ServerName kelaspagi.co
     ServerAlias www.kelaspagi.co
     DocumentRoot /var/www/kelaspagi/
     ErrorLog /var/www/logs/kelaspagi.log
     CustomLog /var/www/logs/kelaspagi-access.log combined
RewriteEngine on
RewriteCond %{SERVER_NAME} =kelaspagi.co [OR]
RewriteCond %{SERVER_NAME} =www.kelaspagi.co
RewriteRule ^ https://%{SERVER_NAME}%{REQUEST_URI} [END,NE,R=permanent]
</VirtualHost>

Pada bagian DocumentRoot saya menempatkan direktori kelaspagi tepat dibawah folder www, Silahkan sesuaikan dengan virtualhost kalian.

Dengan ini maka kita akan mengunduh script wordpress pada direktori www. Saya akan menggunakan fitur wget untuk mengunduh script wordpress.

wget https://wordpress.org/latest.zip

Setelah file berhasil terdownload kita bisa memastikan dengan menggunakan perintah ls, kemudian apabila file sudah tersedia di folder www langkah selanjutnya adalah mengextract file latest.zip dengan menggunakan perintah

unzip latest.zip

Apabila file latest berhasil kita extract maka akan muncul folder baru yang bernama wordpress, kita bisa merubah nama wordpress menjadi folder kelaspagi.

mv wordpress kelaspagi

Setelah itu kita memberikan permission dan owner folder kita ke service apache dengan menggunakan perintah

sudo chown -R www-data:www-data kelaspagi/ .

fungsi dari perintah diatas adalah untuk memberikan keluasaan webserver kita untuk mengeksekusi perintah pada server kita. Kemudian langkah selanjutnya adalah buka website kita pada browser untuk melakukan konfigurasi dan installasi.

Pilih sesuai dengan bahasa yang kita kehendaki, langkah selanjutnya pilih let’s go, dan kemudian isi form database. Untuk membuat database maka kita perlu buka tab baru dan masukan alamat https://kelaspagi.co/phpmyadmin, silahkan ganti dengan domain kalian sendiri. Login menggunakan akun yang sudah dibuat pada artikel konfigurasi VPS.

Klik pada bagian New, kemudian pada bagian Buat Basis data, isi dengan nama database dan klik buat.

Setelah nama database berhasil dibuat kita kembali lagi ke tab instalasi wordpress. Isi berdasarkan nama database, username, dan passwordnya.

Untuk table prefix saya custom berdasarkan singkatan dr kelaspagi. Kemudian klik submit dan klik run installation. Selanjutnya adalah mengisi informasi dasar dari website kalian, berupa nama situs, username, password admin dan juga email.

Kemudian klik Install WordPress. Maka kita akan diarahkan kedalam halaman login dari dashboard cms wordpress pada website kalian.

Selamat sekarang kalian sudah memiliki wordpress pribadi!, Apabila ada pertanyaan, silahkan ajukan dikolom komentar. Artikel selanjutnya akan membahas mengenai konfigurasi wordpress untuk siap digunakan sebagai blog pribadi.

 

Wicaksono, Satriyo Unggul

Indonesian Blogger, Designer,Web developer, Entrepreneur, Weather forecaster. Cita - cita: Bahagia.

 

One thought on “Cara Menginstall WordPress Pada VPS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *